Gunung Lembu : Perjalanan Menuju Ke Sebuah Puncak Batu. (part 3)

Kota Taman Pertama di Indonesia konon katanya adalah kawasan Menteng yang berada di Jakarta Pusat menurut tulisan milik Adolf J. Heuken, S.J. dan Grace Pamungkas. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa Kebayoran Baru, Jakarta Selatan adalah Kota Taman pertama di Indonesia yang dirancang oleh arsitek lokal Moh. Soesilo. 

DCIM102MEDIA

Saat kami menuju ke ke Stasiun BEOS, kami dipertemukan dengan taman kota yang berada di jalan bawah tanah penghubung sisi museum dan sisi stasiun. Dari tempat ini kami hanya perlu menaiki tangga menuju ke Stasiun Jakarta Kota. Beberapa pedagang dan fasilitas umum terlihat di sekitar taman ini. Mungkin memang sengaja dibuat untuk menjadi persinggahan bagi para pengunjung Kota Tua Jakarta yang menggunakan transportasi umum.

DCIM102MEDIA

Segera setelah tiba di stasiun, kami pun menuju ke kereta api kelas ekonomi yang akan membawa kami menuju ke Kota Purwakarta. Kereta dengan susunan bangku penumpang 3-2 ini akan menempuh perjalanan selama 2,5 – 3 jam. Pada saat perjalanan ini dilakukan stasiun keberangkatan awalnya berada di Stasiun Jakarta Kota, tetapi sejak Februari 2017 kereta ini berangkat dari Stasiun Tanjung Priok.

DCIM102MEDIA

Akhirnya setelah melewati perjalanan antar kota kami pun tiba di sini, Stasiun Purwakarta. Selanjutnya kami akan menuju ke pos pendakian Gunung Lembu yang berada di Kp. Panunggal RT. 006 RW. 003 Desa Panyindangan Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Namun, sebelum pergi ke sana dengan menggunakan transportasi umum kami akan mengisi perut dan istirahat terlebih dahulu.

Leave a comment